Thursday 28 July 2016

Kalung antik ukiran Dragon & Phoenix (SOLD)


 Tampilan bagian depan dengan hurup china

Tampilan bagian belakang gambar Naga dan Burung Phoenix

kalung antik Dragon (Naga) dan burung Phoenix ini kemungkinan berbahan dasar dari tembaga dan tidak menempel di magnet, cukup layak untuk menambah koleksi anda. Sold Out / Terjual

Berikut ini sedikit keterangan tentang Naga dan burung Phoenix menurut kepercayaan Cina kuno

Simbol Naga dan Burung Phoenix
Naga
Naga telah menjadi lambang hirarki orang-orang China sejak zaman kuno, menandakan keturunan kaisar. Legenda mengatakan bahwa naga memiliki sembilan orang anak: Anak sulung Qiu Niu menyukai musik, anak kedua Yai Zi senang membunuh, anak ketiga Chao Feng suka mengambil risiko, anak keempat Xia Ba suka menanggung beban berat, anak kelima Bi Han menyukai hukum dan keadilan, anak keenam Chi Wen senang melahap, anak ketujuh Tie Tao suka makan, anak kedelapan Jin Ni menyukai kembang api dan anak kesembilan Pu Lao menyukai dering dan gema. Diantara semuanya, penampilan fisik anak keempat seperti kura-kura dengan kepala naga dan disebut sebagai kura-kura naga oleh masyarakat. Dikatakan bahwa dewi Nu Wa menahan langit runtuh dengan lengan Xia Ba. Sebagai kura-kura naga yang suka menanggung beban berat, dikatakan bahwa ia berguna untuk menangkal bencana dan kemalangan bagi orang-orang, penjaga rumah dan membuat rumah berkembang, memungkinkan orang untuk diberkati dengan nasib baik dan kebahagiaan. Naga sering kali dikaitkan dengan jenis kelamin laki-laki dan. Naga juga merupakan simbol keuletan, kekuatan, keunggulan dan kekayaan.
 Phoenix
Phoenix adalah “Raja Burung” dan juga burung keberuntungan yang paling terkenal dari Cina kuno. Bentuk asli shio ayam yang ada dalam 12 hewan di horoskop Cina adalah Phoenix. Awalnya Phoenix, juga dikenal sebagai Burung Matahari atau Phoenix Api, dikaitkan dengan symbol maskulin sedangkan naga ini dikaitkan oleh feminin, yang mewakili hewan air. Akan tetapi sekitar masa Dinasti Han, Kaisar Liu Bang mengklaim bahwa ia dilahirkan sebagai transformasi naga putih. Karena kaisar adalah Anak Langit, symbol naga kemudian beralih peran dengan Phoenix, dan berubah dari dikaitkan dengan jenis kelamin perempuan untuk jenis kelamin laki-laki. Phoenix kemudian diadopsi dengan kualitas feminin dan menjadi simbol untuk permaisuri. Selama ribuan tahun, Phoenix telah melambangkan kecantikan, keberuntungan, kebaikan, ketenangan, kebajikan, alam, advokasi budidaya humaniora, yang mengarah ke perdamaian dan kecerahan. Hal ini kadang-kadang digunakan sebagai metafora untuk mengungkapkan kasih dan kesetiaan antara suami dan istri, atau orang yang diberkati dengan pernikahan yang bahagia.
 referensi ; https://shambhalaguardian.wordpress.com/2011/01/25/5-binatang-keberuntungan-dalam-budaya-cina/


No comments:

Post a Comment